Tips dan Cara Membersihkan Wc yang Baik dan Benar

Logo Blog

Kebersihan toilet adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengguna. Anda bisa membayangkan apa yang anda lakukan, jika masuk kedalam toilet dengan kondisi yang kumuh, kloset kotor penuh dengan kerak, bau, dan airnya tidak 100% bisa digunakan? Pasti anda akan malas untuk menggunakannya dan sangat tidak nyaman dengan kondisi tersebut. Terutama kebersihan kloset, yang sering kali luput dari perhatian, dan perlu anda ketahui wc/kloset  yang jarang dibersihkan bahkan tidak pernah sama sekali, hanya dipakai saja, akan mengakibatkan wc cepat mampet. Wc bau, penuh dengan kerak juga merupakan akibat dari wc yang jarang dibersihkan. Untuk mencegah hal tersebut alangkah baiknya jika anda mulai memperhatikan kebersihan toilet dan kloset anda, karena merawat dan membersihkan wc, dapat mencegah wc mampet lebih cepat, dan yang paling penting adalah membasmi sarang penyakit tempat bakteri jahat berkembang di wc anda, dengan membersihkan wc anda, anda sudah berupaya melindungi dan meminimalisir timbulnya penyakit di keluarga tercinta anda.

Tips dan Cara Membersihkan Wc
TIPS DAN CARA MEMBERSIHKAN WC 

Merawat wc memang gampang-gampang susah, akan terasa cepat dan efisien jika mengetahui caranya, akan terasa lama dan hasil yang tidak maksimal jika tidak mengetahui cara yang benar membersihkan kloset Wc, dan akhirnya jika menemui kendala dalam membersihkan wc karena tidak tahu caranya maka menimbulkan malas dikemudian hari ketika berencana akan membersihkan toilet. Kami merekomendasikan membersihkan wc secara berkala dan menggunakan bahan-bahan tertentu. Jika anda ingin menghemat biaya, anda bisa menggunakan bahan alternatif untuk membersihkan wc. Berikut adalah beberapa tips dan cara membersihkan wc dengan mudah dan efisien dari MULTI JASA yang bisa anda terapkan untuk di rumah anda.

1. Membersihkan wc secara rutin

Langkah awal agar meringankan pekerjaan anda dalam membersihkan wc adalah dengan cara membersihkan wc secara rutin, dengan membersihkan wc secara berkala dan konsisten dilakukan, hal tersebut dapat mencegah timbulnya kerak yang membandel di kloset anda. Bila Kloset sudah berkerak akan membutuhkan usaha lebih dan biaya tambahan untuk membeli bahan kimia untuk menghilangkan kerak wc di kloset anda.

2. Menggunakan air panas

Lang pertama yang perlu dilakukan adah menyiapkan air panas mendidih, kemudian anda siramkan ke kloset anda. dengan menyiramkan  air panas ke kloset anda, anda akan meringankan pekerjaan anda karena akan membuat lumut dan kerak yang baru muncul akan mudah rontok dan hilang ketika digosok.

3. Menggunakan sarung tangan 

Dan langkah selanjutnya adalah memakai sarung tangan sebelum membersihkan dan menyentuh bagian-bagian toilet yang akan dibersihkan, alasan utama kami menganjurkan anda untuk memakai sarung tangan sebelum membersihkan wc adalah melindungi tangan anda dari bakteri yang ada di wc, seperti yang anda ketahui wc adalah tempat pembuangan sanitasi anda yang dipenuhi berbagai bakteri pembawa penyakit manusia. Dan sarung tangan bekas digunakan membersihkan wc, silahkan anda bilas sampai bersih dan kemudian simpanlah di tempat tertentu dan jauhkan dari anak-anak, agar tidak tertukar untuk membersihkan peralatan lain dan dibuat mainan oleh anak-anak anda.

4. Menggunakan spons 

Anda juga dapat menggunakan sponse untuk membersihkan wc anda, kemudian silahkan anda rendam sponse anda dengan air, anda juga bisa menambahkan sabun atau cairan pembersih silahkan anda usap-usapkan di area sekitar kloset yang kotor . Sering kali sponse basah yang doleskan di sekitar kloset akan menyerap kotoran, hal ini cukup untuk menghapus kotoran tanpa perlu produk pembersih khusus.

5. Tuangkan cairan pembersih ke dalam kloset

Jika anda mempunyai cairan pembersih, silahkan anda semprotkan cairan pembersih ke bagian bagian dalam bibir hingga cairan-cairan tersebut mentes ke dinding-dinding kloset bagian dalam. Sangat penting anda  menyemprotkan cairan pembersih ke sisi bagian dalam mangkuk , karena daerah tersbutlah yang seringkali terabaikan yang menyebabkan penumpukan mineral coklat kotor sepanjang tepi bagian dalamnya. Cairan pembersih toilet  dibuat dan diformulasikan secara khusus dapat membantu Anda menghilangkan noda, lingkaran air, dan mineral yang terdeposit pada toilet anda. Dan juga sebelum anda menggunakan cairan pembersih tersebut biasakan membaca aturan pakainya, karena biasanya setiap produk cairan pembersih memiliki aturan pakai yang berbeda-beda, terkadang setelah ditungkan dianjurkan menunggu waktu beberapa menit baru disikat.

6. Gosok menggunakan sikat wc

Anda juga bisa menggunakan sikat wc untuk membersihkan wc anda, sikat wc dibuat khusus dengan tekstur dengan lidi-lidi plastik keras yang bertujuan untuk menyapu kotoran-kotoran yang berada di kloset anda. gosoklah seluruh bagian wc anda dengan teliti dan kuat, karena semakin kuat dan teliti anda menggosok semakin besar hasil maksimal yang anda dapat. Perhatikan semua bagian wc yang biasa terabaikan dan luput dari pembersihan anda.


7. Jangan lupa dibilas

Jika anda sudah mulai tahap akhir dan selesai membersihkan, silahkan anda membilas toilet anda sampai bersih, jika setelah dibilas anda masih menemui noda-noda di wc anda, silahkan anda lakukan pembersihan lagi di area yang masih kotor tadi, dan bilas lagi hingga bersih.


8.  Bersihkan bagian lainnya dengan pembersih anti bakteri

Dengan membersihkan bagian lainnya dengan menggunakan permbersih bakteri, maka semakin kecil pula kesempatan bakteri untuk berkembang biak di wc anda. Gunakan pembersih toilet anti bakteri yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai tempat atau khusus untuk kamar mandi untuk menggosok keseluruhan kloset agar hasil yang didapat lebih maksimal. Jika kloset anda adalah kloset duduk, pastikan mengosok kedua bagian atas dan bawah kursi kakus dan seluruh bagian luar kakus, termasuk bagian dasarnya dan gunakan tekanan ringan dengan kain atau tisu dapur untuk menggosok dan mengusap pembersih. Jika wc anda adalah jenis kloset jongkok silahkan anda gosok sa dengan pembersih anti bakteri tersebut kemudian siram dengan air bersih.

9. Bersihkan tombol pembilas secara menyeluruh 

Jika anda menggunakan wc duduk, anda tidak boleh melupakan bagian wc yang paling penting dan sering kali terlupakan, yaitu tombol pembilas kloset. Tombol pembilas harus ekstra-bersih karena anda menyentuhnya setiap kali Anda menggunakan toilet. Jika itu adalah tempat bakteri berkembang biak, bakteri akan berada di jari-jari anda setelah anda menyentuh tombol pembilas tersebut. Oleh karena itu pastikan untuk membersihkan tombol dengan pembersih anti bakteri.

0 komentar:

Posting Komentar

Diharap berkomentar menggunakan bahasa yang sopan. Komentar SPAM dan menyimpang dari topik yang dibahas akan dihapus permanen dan tidak akan ditampilkan.