Tips dan Cara Mengatasi Wc Mampet

Logo Blog

Wc atau kloset adalah bagian rumah yang posisinya sangat vital di dalam rumah tangga, Walapun terlihat sangat spele dan sering lepas dari perhatian, wc atau kloset menempati urutan teratas di dalam rumah anda dalam hal penggunaannya, wc atau kloset digunakan setiap hari dan penggunaannya bisa 1 hingga 5 kali bahkan lebih dari itu, jika dalam rumah anda memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak, dan tidak bisa dipungkiri, setiap individu sangat membutuhkan kloset atau wc untuk melakukan aktivitas rutin yaitu, buang hajat(BAB) per harinya, karena menurut pakar kesehatan orang yang memiliki pencernaan yang sehat rata-rata akan mengeluarkan sisa dari produksi di dalam pencernaan manusia setidaknya sehari sekali.

Tips dan Cara Mengatasi Wc Mampet dan Meluber
B.A.B

Rasa tidak nyaman akan muncul apabila di saat-saat anda benar-benar membutuhkannya atau sedang menggunakannya, wc atau kloset yang biasa anda pakai tiba-tiba macet dan meluber ketika di siram dengan air, tentunya sangat menjengkelkan bukan? Dan pastinya pada saat itu anda bingung, kemudian berfikiran untuk membenahi sendiri atau jika anda malas melakukan pasti anda akan berniat untuk menyewa jasa sedot wc untuk mengatasi permasalahan anda. Dan taukah anda? anda bisa mengatasi wc yang sedang mampet tanpa sedot wc. Dan taukah anda?wc yang tidak dirawat dengan benar akan cepat penuh lebih awal daripada wc yang dirawat dengan baik dan benar, silahakan anda baca cara membersihkan wc dengan baik dan benar.

Kembali ke topik awal, berbicara mengenai tips atau cara dalam mengatasi wc mampet atau penuh, cara terbaik pertama yang harus dilakukan ketika menghadapi wc mampet atau penuh adalah mengececk bak wc, kemudian menentukan terlebih dahulu, wc tersebut penuh atau mampet? (Baca juga: cara membedakan wc penuh dan tersumbat), Karena antara wc mampet karena tersumbat dan penuh karena septictank sudah melebihi kapasitas maksimal memiliki cara penanganan yang berbeda.

CIRI-CIRI kLOSET MAMPET 

Wc atau kloset mampet tidak akan bekerja dengan baik seperti biasanya, berikut ini adalah beberapa indikasi yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengenali bahwa wc/kloset anda sedang mampet/meluber.

1. Tergenangnya air dan sulitnya kotoran saat di  push

Salah satu indikasi yang menunjukkan bahwa wc anda sedang mampet adalah kloset anda digenangi air dan sulitnya tinja dan air turun menghilang seperti kondisi normal. Hal tersebut merupakan gejala adanya masalah pada saluran atau septictank.

2. Tiba-tiba muncul tinja

Indikasi selanjutnya yang menunjukkan bahwa wc anda sedang mampet adalah tiba-tiba muncul tinja. Anda sudah menanyakan ke seluruh penghuni rumah mengenai asal-muasal limbah tersebut, namun mereka mengatakan sejujurnya bahwa tidak ada satu pun yang baru saja membuang limbah. Namun tiba-tiba keluar tinja dari dalam septictank, hal ini terjadi karena adanya tinja yang keluar lagi dari septictank, karena septictank sudah penuh dan tidak bisa menampung tinja lagi, maka yang terjadi adalah tinja yan berada di dalam septictank kembali lagi ke kloset.

3. Adanya bau tidak sedap yang keluar dari kloset

Apabila anda mengalami gejala seperti ini, ha ini merupakan salah satu ciri kloset mampet yang berkaitan dengan ciri kloset mampet nomor 2 di atas. septictank yang sudah penuh dan tidak bisa menampung tinja lagi, maka yang terjadi adalah tinja yan berada di dalam septictank kembali lagi ke kloset. Dan sebagai akibat lainnya adalah menimbulkan bau yang tidak sedap dari tinja yang keluar tersebut.


PENYEBAB WC MAMPET DAN MELUBER

Wc atau kloset yang meluber mengindikasikan anda yang tidak beres dengan kloset anda, dan ada beberapa kemungkinan yang biasanya terjadi yang menjadi penyebab kloset atau wc mampet dan meluber ketika digunakan, berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab wc anda mampet atau meluber.

KLOSET MAMPET MELUBER
KLOSET MAMPET MELUBER

1. Adanya sumbatan pada saluran pembuangan

Wc atau kloset yang tersumbat akan mengakibatkan kotoran atau air tidak bisa mengalir ke mauara pembuangan tinja yaitu septictank. Penyumbatan septictank ini terjadi karena adanya pembuangan benda-benda selain tinja ke dalam saluran septic tank anda, seperti: (maaf) pembalut wanita, celana dalam, mainan anak-anak, selongsong tisu, dll. Hal tersebut akan nyangkut menutup total saluran wc, dan mengakibatkan air dan tinja tidak bisa menuju ke spetictank dan menimbulkan air dan tinja menggenang dan meluber ketika di siram.

2. Septictank penuh 

Dan kemungkinan selanjutnya yang mengakibatkan wc anda mampet dan mmeluber adalah muara pembuangan tinja atau septictank sudah mencapai volume maksimalnya sehingga tidak bisa menampung air dan tinja lagi. Yang mengakibatkan tinja dan air yang sudah berada di septictank akan kembali ke kloset dan meluber. Secara normalnya septictank skala rumah tangga dalam kondisi yang bagus dengan memiliki resapan yang berkualitas septictank akan penuh dalam kurun waktu 6 hingga 8 tahun. Mungkin anda bertanya “Wc saya dalam 2 tahun sudah penuh?” atau “septick tank saya sudah penuh padahal beberpa bulan yang lalu sudah melakukan pengurasan wc oleh jasa sedot wc?” jika anda menghadapi masalah seperti itu mungkin ada yang salah dengan septictank anda. silahkan anda baca, cara mengatasi septictank mudah penuh.


TIPS DAN SOLUSI DARI MULTI JASA:

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mangatasi masalah wc anda yang sedang mampet dan meluber.

1. Jangan membuang benda-benda keras di dalam kloset 

Tips yang pertama adalah jangan pernah sekali membuang benda-benda salain tinja kedalam kloset anda, karena benda-benda tersebut sulit hancur bila menyangkut di saluran pembuangan, dan akan mengganggu jalannya air dan tinja menuju septictank. Berbeda dengan tinja, yang dimana lebih mudah hancur walaupun nyangkut di saluran menuju septictank.


2. Jangan menyiram kloset secara berlebihan 

Menyiramkan air kedalam kloset secara berlebihan setelah melakukan aktivitas BAB, karena hal justru akan membuat airnya meluap dan membuat septictank anda mudah penuh. Gunakanlah air secukupnya untuk menyiram tinja hingga hilang tak terlihat.

3. Menggunakan bahan kimia.

Anda bisa mencampuran bubuk soda kue cuka, dan soda api untuk mengatasi kloset mampet(CATATAN: Jangan pernah sekali-kali memakai Soda api kalau anda tidak tahu caranya, karena hal tersebut akan menghancurkan pipa atau kloset anda, untuk lebih jelasnya silahkan konsultasikan permasalahan anda yang sudah ahli dalam menggunakan soda api).


4. Gunakan alat untuk menarik dan mendorong kloset

MENGATASI WC MAMPET MELUBER
TARIK DORONG KLOSET DENGAN HANGER

Jika sudah terlanjur mampet, coba gunakan alat kop kloset, kemudian cobalah untuk memompa wc anda, jika masih tidak berhasil coba gunakan cara yang lain. Gunakan hanger yang terbuat dari kawat untuk menarik, menyogok, dan menghancurkan benda-benda padat penyebab wc mampet. Atau jika anda mempunyai mesin hisap vacum, anda juga bisa mengguanakan alat tersebut.

5. Menyewa jasa sedot wc

Jika anda sudah menyerah dan langkah-langkah diatas sudah anda lakukan namun hasilnya masih nihil, solusi yang banyak dipakai selama ini adalah dengan melakukan penyedotan dan pengurasan septictank anda, kini saatnya anda menyerahkan masalah anda yang sudah ahli yaitu menyewa jasa sedot wc/tinja. Tujuannya adalah untuk melakukan servis wc dan melakukan pengurasan tinja di septictank anda.

Jika anda membutuhkan jasa sedot wc dan jasa , anda bisa menyewa jasa sedot wc MULTI JASA kami melayani jasa sedot wc seluruh area  di beberapa kota kota/ Kabupaten di Jawa Timur seperti: Kabupaten Sidoarjo, Surabaya, Gresik,  Mojokerto, PasuruanLamongan, Jombang, Tuban, Bojonegoro, Madura(Kecamatan Bangkalan dan Sampang), dan sekitarnya. Jika anda berdomisili di kota-kota yang kami sebutkan di atas dan ingin menyewa jasa kami, silahkan hubungi kontak di bawah ini:

Bapak Suamat ( Pak Amat ), Telp:

- 082228199997(Telkomsel)
- 087751115388(Xl)
- 085101273589(WhatsApp)

MULTI JASA menyediakan layanan jasa sedot wc dan beberapa jasa lainnya yang bisa anda sewa, untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat daftar layanan jasa sebagai berikut:

  1. Sedot wc penuh
  2. Sedot lumpur
  3. Sedot sumur/ air kotor
  4. Servis wc mampet
  5. Servis got mampet
  6. Servis wastafel mampet
  7. Servis borong bersih(sedot wc + free biaya bongkar pasang septictank)
  8. Pembuatan septictank dan resapan baru

0 komentar:

Posting Komentar

Diharap berkomentar menggunakan bahasa yang sopan. Komentar SPAM dan menyimpang dari topik yang dibahas akan dihapus permanen dan tidak akan ditampilkan.